Like

Cari Blog Ini

Renungan Bersama

"Sekiranya kamu ingin melihat masa depan sesuatu bangsa, Maka lihatlah generasi mudanya... "

- Imam Al-Ghazali -

Jumaat, 4 Februari 2011

Pasaman Barat

Pasbar Kembangkan Minat Baca Hingga Nagari

Pasaman Barat -Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Kantor Arsip dan Pustaka terus berupaya mengembangkan minat baca kepada masyarakat Pasbar. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan mengembangkan pustaka kenagari-nagari dan sekolah unggul yang ada di setiap kecamatan.
Mulai tahun ini kita akan bangun pustaka di setiap nagari yang ada dan akan kita tempatkan di kantor wali nagari yang ada. Sebagai tahap awal enam nagari akan memperoleh bantuan buku sedangkan sekolah0sekolah juga akan ditambahkan buku sehingga masyarakat atau siswa semakin mudah memperoleh buku melalui pustaka,'kata Kepala Kantor Arsip dan Pustaka Pasbar, Ali Zamar kepada antara-sumbar.com, Kamis (14/10).

Keenam nagari tersebut yakni Nagari Talu, Nagari Muaro Kiawai, Nagari Kapa, Nagari Lingkuang Aua, Nagari Katiagan dan Nagari Rabi Jonggor. Pustaka tersebut diletakkan di kantor wali nagari masing-masing dengan memberdayakan tenaga dari nagari yang bersangkutan.

'Pengembangan pustaka hingga ketingkat nagari merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan adanya pusataka di nagari maka masyarakat tidak perlu jauh-jauh mencari buku ke Kota Simpangempat. Mudah-mudahan program benar-benar dapat berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui membaca,'harapnya.

Selain mengembangkan pustaka di tiap nagari dan sekolah unggul yang ada, katanya Kantor Arsip dan Pustaka juga akan melakukan pendekatan kepada para tokoh adat, cadiak pandai dan alim ulama yang ada. Para tokoh tersebut diharapkan dapat berperan dalam mendorong anak dan cucu kemenakan untuk memperbanyak membaca buku.

'Buku merupakan sumber ilmu dan harus tetap dikembangkan agar anak dan cucu kemenakan tidak buta akan perkembangan zaman. Apalagi, Pasbar merupakan daerah pertanian dan perkebunan sehingga banyak hal-hal yang harus dipelajari dalam buku. Buku harus menjadi inspirasi masyarakat dan menjadi sumber dalam kehidupan,'ujarnya.

Hingga saat ini Pasbar memiliki 10.813 eksemplar dan Pabsar memperoleh dana Blokgreen dari propinsi tahun 2010 ini dan memperoleh 400 eksemplar buku atau Rp70 juta. Selain itu, untuk tahun 2011 nanti kita merencanakan akan ada penambahan 5000 eksemplar buku. Sehingga standar buku di pustaka akan dapat terpenuhi dan masyarakat akan semakin mudah memperoleh buku dan ilmu pengetahuan lainnya. (ANTARA)

 2010-10-15 13:10:18

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

MASALAH KAMPUNG KITA - Siapa yang patut dipersalahkan

TV Al-Quran

TvQuran

Catatan Popular