Like

Cari Blog Ini

Renungan Bersama

"Sekiranya kamu ingin melihat masa depan sesuatu bangsa, Maka lihatlah generasi mudanya... "

- Imam Al-Ghazali -

Ahad, 29 Januari 2012

Bandara Pasaman Barat Siap Beroperasi





INILAH.COM, Pasbar - Bandara Pasaman Barat (Pasbar) siap beroperasi, seiring terbitnya izin dari Kementerian Perhubungan, dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Perhubungan No.Au/12631/DBU.2356/XI/2011 tanggal 9 November 2011 tentang izin bandara Pasaman Barat, diterima Sabtu (12/11).

Dengan begitu, maka ban dara yang terletak di Laban, Jorong Kapar Utara, Nagari Kapar, Kecamatan Luhak Nan Duo itu segera uji coba penda ratan pesawat.
“SK tersebut sudah kita terima,” ujar Bupati Pasbar H.Baharuddin R didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Pasbar, Mardani, Minggu (13/11) di Simpang Ampek.
Menurut bupati, SK ter sebut terbit setelah melalui proses dan pengurusan yang cukup melelahkan, dimulai dari pengajuan surat permo honan Bupati Pasbar tanggal 12 Juli 2011.
Disusul surat rekomendasi Gubernur Sumbar kepada Men hub tanggal 21 Juli 2011 tentang usulan penetapan izin lokasi bandara Pasbar.
Dan ekspos Bupati Pasbar dihadapan Men hub tanggal 24 Agustus 2011.
“Walaupun melalui proses yang lumayan melelahkan, izin bandara umum Pasbar keluar juga. Sekarang kita siap-siap untuk uji coba pendaratan,” tambah Mardani.
Dengan keluarnya izin itu juga, dalam minggu kedua November ini, tim penguji kekuatan landasan dari provinsi akan melakukan pengujian. Juga pihak penerbangan yang nanti akan melayani rute penerbangan di Pasbar yakni Sushi Air akan uji terbang.
“Saat uji terbang berjalan mulus nantinya, Dishub Pasbar telah menyiapkan seluruh admi nistrasinya,” imbuhnya.
Sementara pembangunan bandara terus dipacu. Tahun ini pembangunan run way (landasan bandara), terminal kedatangan dan keberangkatan, drainase, jalan dan rumah genset selesai dibangun. Tahun depan dilanjutkan dengan pembangunan fasilitas penun jang.
“Bandara dibangun untuk kepentingan masyarakat, dan sesuai aturan hukum UU No. 1 tahun 2009 tentang pener bangan,” tukasnya.
Mardani menyebutkan, keberadaan bandara tersebut sangat penting sebagai penunjang kemajuan Pasbar ke depan. Dengan adanya bandara itu, kebutuhan masyarakat juga tamu-tamu seperti investor yang datang ke Pasbar dapat terpenuhi.
“Dengan adanya lapangan terbang perintis ini, diharapkan berdampak terhadap pereko nomian, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Ka bupaten Pasaman Barat ke depannya. Sekaligus menjadikan Pasaman Barat, sebagai daerah yang maju dalam berbagai hal, terutama dalam dunia perekonomian,” ungkap Baharuddin. [mor]

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

MASALAH KAMPUNG KITA - Siapa yang patut dipersalahkan

TV Al-Quran

TvQuran

Catatan Popular